Miliki Peran Sangat Besar, Komisi V Dukung Anggaran BMKG Ditingkatkan

  • Bagikan

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw menilai peran Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari maupun untuk peringatan dini terhadap bencana. Dimana wilayah Indonesia yang berada di cincin api, sehingga memiliki daerah rawan bencana yang sangat banyak. Untuk itu, anggaran BMKG perlu didukung agar dapat ditingkatkan.



“Kami melihat bahwa salah satu yang harus kami perkuat (anggarannya) di dalam mitra-mitra kami ke depan adalah BMKG, karena manfaatnya yang begitu besar untuk memberikan peringatan kepada masyarakat,” ujar Roberth saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Stasiun Meterologi Kelas III BMKG di Citeko, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, baru-baru ini.



Menurutnya, para nelayan, petani, masyarakat membutuhkan informasi dari BMKG yang juga melibatkan pemerintah daerah untuk mendapat support tersebut. “Bukan hanya BMKG, tapi pemerintah daerah juga harus support. Maka untuk memberikan informasi kepada masyarakat langsung, kami minta pemerintah daerah juga harus terlibat mengambil informasi dari pada BMKG untuk diinfokan ke masyarakat,” saran Roberth.



Politisi Partai NasDem itu menambahkan, karena ada keterbatasan teknologi yang dimiliki oleh BMKG, maka Komisi V DPR RI meminta kepada pemerintah untuk memberikan perhatian khusus terhadap BMKG, karena alat-alat yang dimiliki BMKG saat ini sudah sangat tertinggal.

Sumber: dpr.go.id

  • Bagikan